Hal ini akan membuat pebalap merasakan transisi yang mulus dan lebih cepat ketika berganti gigi baik dari rendah ke tinggi maupun sebaliknya dengan memencet satu tombol.
Pebalap yang mengetes Suzuki itu: Nobuatsu Aoki. Menurutnya, mengendarainya motor yang sudah ada seemless gearboxnya sama persis seperti bermain game MotoGP di PlayStation dikutip indopos.co.id.
Selain seemless gearbox tersebut, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales juga akan mendapatkan suplai mesin baru, serta chassis.
Espargaro menyebut motornya benar-benar baru setelh adanya teknologi itu, Karena hanya Suzuki yang saat itu jadi satu-satunya tim manufaktur yang belum memiliki teknologi itu di motornya.
“Berbeda sekali. Setiap naik gigi, transisinya sangat mulus dan lebih cepat. Di motor yang lama, hal itu tidak terjadi. Motor ini juga lebih mudah dikendarai, persis seperti main PlayStation, sama dengan mobil bergigi otomatis. Luar biasa,” kata Aoki seperti dilansir crash.
Meskipun seemless gearbox tidak membuat perubahan besar pada akselerasi, satu kelemahan Suzuki musim lalu, namun transisi yang mulus dinilai bisa memberikan keuntungan lainnya.
“Untuk membuat waktu satu lap mungkin tidak ada perubahan, tapi terutama ketika grip di ban belakang mulai tipis dan selalu bergoyang saat direm, teknologi seemless membuat motor lebih stabil,” lanjut pembalap asal Jepang tersebut.
“Saya bisa mengatakan bahwa dalam sejarah teknologi balap motor, seemless gearbox merupakan lompatan terbesar. Traction control juga langkah besar, tapi ini (seemless) kelanjutannya,” kata Aoki.
Sayang, Espargaro yang sejauh ini jadi pembalap Suzuki yang paling bersinar musim lalu, belum bisa menjajal seemless gearbox di motor Suzuki GSX-RR nya.
Pebalap asal Spanyol itu absen di tes Sepang lantaran masih cedera. Ia baru bisa membuktikan ucapan Aoki nanti di tes resmi pramusim tahun depan mulai digelar pada bulan Februari.
Even itu juga akan jadi momen peluncuran resmi motor Suzuki GSX-RR terbaru.
Baca juga : Stoner Comeback Ke MotoGP